Sabtu, 06 Oktober 2012


Menebus mobil dream car back to 90s dalam kondisi mulus, bukan berarti bebas dari pe-er alias pekerjaan rumah. Hal ini dialami Ryan Sebastian saat membawa pulang Honda Accord Maestro keluaran 1992.

Apa boleh buat, Ryan memang sudah kesengsem dengan Maestro yang menjadi dream car-nya sejak lama. “Pernah dipakai keluar kota, terus mogok karena koil pengapian trouble,” kenangnya.

Maklum saja, sedan premium yang sudah berusia 20 tahun ini memang sudah seharusnya didandani ulang sesuai spesifikasi pabrik. Tetapi Ryan tak mau tongkrongan balik ke standar alias versi lokal. “Maunya Japanese domestic market (JDM) biar enak dilihat dan bikin dilihat orang,” kekeh Ryan.

Upaya ini tak semudah membalik telapak tangan. Segala literatur baik versi cetak, internet bahkan menimba ilmu ke senior member di Honda Maestro Rider Club (HMRC) dilakoninya untuk hasil maksimal. Bisa dibilang, ini "proyek thanks to..".

Menurut Ryan, menyelesaikan dandanan Maestro berkelir abu-abu bulu monyet ini butuh pengorbanan baik waktu, tenaga dan uang (tentunya). “Satu persatu pernik aksesori saya kumpulkan sampai bisa lengkap seperti sekarang,” jelas Ryan.

Dimulai dari kaki-kaki yang meliputi suspensi dan pelek. Per keong Eibach yang dipotong beberapa ulir bersanding dengan pelek aftermarket Advan Racing RG-D berdiameter 17 inci. Menghasilkan tongkrongan yang sporty untuk ukuran sebuah sedan elegan.

Eksterior mobil pun kena garap dengan penambahan spoiler kit dan front lips hasil desainnya sendiri. Tak tanggung-tanggung, atap orisinal pun dirobek untuk ganti atap versi JDM yang sudah dilengkapi elektrik sunroof. Top cut yang didapat dari salah satu member di klub langsung dipasang dengan cara mengelas keseluruhan atap.

Termasuk cara yang "tidak sayang mobil" tetapi diyakini bisa menaikkan derajat besutan diantara sesama pemilik Maestro. “Saat atap dipotong, hati saya miris tetapi ini kan demi mobil yang perfect,” bisik Ryan.

Ibarat orang kalap, Ryan tak memberi ampun kepada mobilnya. Selama itu masih pantas dipasang dan memang diperuntukkan untuk Maestro, pasti diuber sampai dapat. Termasuk dalam merapikan bagian interior mobil.

Enggak cupu lagi, Gan! (mobil.otomotifnet.com)



Data Spesifikasi

Interior:

- OEM Front Foglight Switch

- OEM Rear Foglight Switch

- OEM Pole Switch

- OEM Half Switch

- OEM Maplight

- OEM Armrest Console

- OEM Cup Holder Console

- New Dashboard Panel

- Jok Semi Kulit MB-Tech Camaro

- Karpet dasar lapis kulit (tebal dan kuat)

- Original Momo Steering Wheel

- OEM Retract Mirror Switch

- OEM Moonroof Switch

- Mugen Pedal

- JDM Sunvisor CF4

Audio:

- Pioneer 8850

- Crescendo Opus Split Speaker

- Pioneer Coaxial Speaker

- Cubig Monoblock 1.500

- Cubig Power 4channel

- Subwoofer Crossfire 12" x 2pcs

Exterior dan Mesin :

- JDM Accord CF4 Th 2000 Moonroof 2step

- JDM Onepiece Headlamp 92-93

- JDM Intersection light Sm4 Cb3 Cb7

- USDM Foglight

- Grill Gsquare

- Lips Custom (designed by me)

- JDM Signal Light SiT

- JDM Wing Spoiler SiT

- JDM Honda Access Doorvisor

- JDM Honda Access Moonroof Visor

- AG Rear Visor made in Malaysia

- Advan Racing RG-D 17 + ban Accelera Alpha 215/45-17

- Eibach Sport Kit + Valen damper

- Red Clear Tail lights

- JDM License plate Holder

- Custom rearfoglight

- Sv4 Sidemarker

- Retractable Mirror

- Brake cover caliper Wilwood

- D1 Spec Racing Nut (baut roda)

- JDM Antena with half module

- Engine Strutbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar