Jumat, 15 Februari 2013

Nissan Juke Nismo, Adopsi Teknologi Balap


Enaknya pabrikan mobil yang punya divisi motorsports sendiri, sehingga bisa membuat varian bargaya sport yang tidak dimiliki rumah modifikasi lain. Itulah yang dilakukan Nissan Motor Co., Ltd. dengan memproduksi Nissan Juke Nismo. Fokusnya membuat mobil sport premium berperforma tinggi. Juke Nismo ini pun mengadopsi teknologi balap.

SUDAH BISA DIPESAN

Sudah diperkenalkan di Tokyo Motor Show, Desember 2011, Juke Nismo kembali ramai dibicarakan. Pasalnya Nissan sudah menerima pesanan mulai 1 Februari 2013, diikuti penjualan ke seluruh dunia, 19 Februari nanti.

Nismo sebagai divisi tuning pabrik dan motorsports, memakaikan body kit yang tak hanya membuatnya tampil atraktif juga berfungsi sebagai aerodinamika.

Teknologi aerodinamika itu masukan dari Super GT (balap mobil turing paling bergengsi di Jepang). Alhasil, downforce Juke Nismo meningkat 37% . Secara dramatis meningkatkan stabilitas keseluruhan kendaraan.

Seperti bentuk bumper disempurnakan, kedua ujungnya diperluas untuk mengarahkan udara di sekitar ban depan sehingga mengurangi hambatan. Bagian tengah spoiler didesain ulang guna meningkatkan downforce.

Side skirts baru yang dipakai mencegah udara mengalir ke kolong mobil untuk mengurangi daya angkat mobil. Spoiler atas (dengan lampu rem) dipanjangkan, sudutnya dioptimalkan untuk mengurangi hambatan dan menambah downforce ke bagian belakang mobil.

Tak lupa pemakaian emblem Nismo di gril depan dan bumper belakang. Yang juga tampil gres, rumah kaca spion dikelir merah, knaplot sport tunggal, daytime running lights LED. Pelek Nismo 18 inci dibalut ban 225/45-R18 memberi traksi dan daya cengkeram luar biasa.
Interior juga terinspirasi dari menge­mudi bergaya sport dengan tempat duduk dibentuk ulang, lingkar kemudi baru dibalut bahan khusus. Warna merah ada di beberapa bagian interior. Beberapa panel instrumen, tongkat persneling dan tombol-tombol sudah custom. 

Kurang afdol rasanya kalau tidak membicarakan mesin. Nismo memberi dapur pacu 1.600 cc injeksi langsung 4-silinder turbo dari basis 16GT FOUR Type V.

Mesin MR16DDT yang digunakan meningkat 10 dk, total jadi 200 dk dan torsi juga naik jadi 250 Nm. Mesin ini dikombinasi XTRONIC CVT dengan close ratio 7-percepatan mode manual.

Sistem suspensi dikerjakan khusus untuk memberikan pengendalian responsif, bantingan bagus dan stablitas menikung sangat baik. Juke Nismo yang memiliki keseimbangan bagus, pengendalian sporty, lembut dikendarai dan stabilitasnya solid ini dikembangkan di Eropa.

Di negara asalnya, Nissan memasang banderol sekitar Rp 345 juta. Kira-kira harganya jadi berapa ya kalau masuk ke Indonesia? (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar