Selasa, 29 Mei 2012

Honda New Blade 110, Solusi Untuk Sasis Baru

Awalnya, Ariawan Wijaya dari Baru Motor Sport (BMS) menanggapi dengan enteng order modifikasi dari Yudi sang pemilik Honda New Blade ini. Meski permintaanya ubah total bodi dan kaki-kaki, tetap saja dianggap enteng. Sampai akhirnya modifikator yang disapa Ari ini sadar kalau sasis Honda Blade lama dan New Blade benar-benar beda! "Waduh, ternyata beda banget!" buka Ari sambil pusing di bengkelnya yang terletak di Jl Palmerah Barat No.25A. Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Desain bodi custom lama jadi enggak bisa dipakai. Mau enggak mau harus cetak bodi fiber baru. Tapi karena yang punya motor sudah cocok dengan bodi ini, desainnya tetap harus dipertahankan," jelasnya. Lebih jauh Ari menjelaskan kalau rangka New Blade lebih lebar. Terutama di bawah jok, New Blade punya bagasi yang lebih besar sehingga rangka lebih keluar.
Meski repot, bodi anyar ini terlihat lebih keren. Lampu depannya nampak mirip Honda CBR 600RR. Bagian sampingnya juga terlihat lebih berisi. Buntutnya meruncing ke atas hasil ubah sedikit sasis buritan. "Buntut sedikit lebih panjang dari body custom untuk Blade lama," terang Ari yang tetap mempertahankan boks bagasi di bawah jok. Tampil keren dengan baju baru tapi tetap fungsional. Untuk kaki-kaki, limbah Honda NSR 150SP jadi pilihan. Barang langka ini punya ciri single swing arm di roda belakang. Makin eksotis kan! Pemasangan single swing arm ini cukup ribet, baik swing arm dan rangka New Blade harus di setting ulang.
Sedang untuk roda depan, hanya pelek dan disk brake dari NSR 150SP yang diambil. Suspensi depan tetap mempertahankan standar. Tapi enggak bisa langsung masuk karena pelek terlalu lebar. Solusinya segitiga harus dibuat ulang. Untuk setang dan panel indikator diambil dari Yamaha X1-R. Proses modifikasi yang makan waktu lebih lama dari rencana karena masalah bodi ini diakhiri dengan pengecetan dengan teknik airbrush. Motif ala Amerika sengaja dipilih dengan warna dasar merah-putih. (motorplus-online.com) Data Modifikasi Bodi custom: BMS Pelek depan-belakang: Honda NSR 150SP Swing Arm: Single Arm Honda NSR 150SP Monoshock: Honda NSR 150SP Knalpot custom: BMS Setang: Yamaha X1-R Panel Speedometer: Yamaha X1-R BMS: 081915113717

1 komentar:

  1. maaf mau tanya kalo boleh saya tahu.. kira kira butuh modal berapa supaya bisa kayak gitu..?

    BalasHapus