Selasa, 29 Mei 2012

Honda Tiger, Bodi Standar, Asal...

Saat ini aliran café racer, brat style atau lainnya yang bergaya vintage banyak diterapkan di Honda Tiger. Tapi, tidak pada kuda besi milik Aldy Baztardoz. Pria yang aktif di Honda Tiger Maingling List (HTML) Jakarta Timur ini, tetap pede lewat bodi orsinil Tiger. Tapi, ada syaratnya! Wah, macam Mbah Dukun aja nih pakai syarat segala! He..he..he... “Desain Honda Tiger udah macho dan gagah, makanya saya pertahankan bodi asli,” buka Aldy. Begitunya kaki-kaki tak dibiarkan standar. Kaki gambot ini pun seakan jadi virus juga di kalangan komunitas mereka. Ternyata, itu dia syaratnya! Kaki besar nan gagah, dimainkan lewar limbah moge. Keterbatasan Aldy modifikasi sendiri pacuannya, ditutupi Aji. Doi, owner Aji Motor di Jl. Raya Akses UI No.45 Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.
Sok depan dari Yamaha V-Max. Sedangkan pelek depan-belakang pakai dari Honda CB400. Alasan Aldy pasang sok depan dari V-Max, karena kebetulan dapat murah-meriah. Dia tebus Rp 2,5 juta, berikut master rem dan kalipernya. Penyesuaian sedikit dilakukan. Itu karena tinggi sok Tiger dengan V-Max berbeda. As sok dipotong 5 cm. Setelah itu, per ulir yang di dalam tabung sok juga dipotong. “Kalau banyaknya ulir yang dipapas disesuaikan empuk-kerasnya sok sesuai keinginan Aldy. Tapi, di Tiger ini dipotong sekitar 3 ulir,” tambah Aji. Kaki depan yang gambot, diimbangi swing arm belakang yang aplikasi dari CB400. Kebetulan banget, doi dapat part penopang roda belakang ini dari temannya. Dan, memang sudah dimodif untuk Tiger. Jadi, tinggal pasang alias bolt on.
Kaki yang gambot, membuat Power Weight To Ratio (PWTR) berubah. Engine Tiger, dipaksa membawa bobot lebih berat selain rider. Maka itu, engine terapkan ala korek harian. Silinder blok dijejali seher Tiger oversize 50 yang ditambah karbu Keihin PE28. Selain itu, doi juga pakai radiator milik Yamaha Jupiter MX 135LC. Tapi, fungsinya bukan sebagai radiator tuh. Melainkan, oil cooler. Caranya, tutup radiator dimatikan fungsinya. Begitunya oli tetap bersirkulasi layaknya oil cooler. Oke deh! (motorplus-online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : Battlax BT92 120/60-17 Ban belakang : Battlax BT92 160/60-17 Sepatbor depan : Honda CBR250 karbon Setang : Yamaha YT CDI : BRT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar