Sabtu, 03 November 2012

Gile, VW Jetta Hybrid Ini Pecahkan Rekor Kecepatan!




Utah – Mobil hybrid semakin Berjaya di dunia kecepatan. Kali ini lewat sosok Volkswagen Jetta Hybrid yang memecahkan rekor kecepatan Southern California Timing Association (SCTA) di padang garam Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika dengan kecepatan rata-rata 299,842 km/jam.

Kelas yang dikuasai mobil berjuluk Jetta Hybrid LSR adalah kategori “mobil produksi dengan mesin kurang dari 1.5 liter dengan piranti force induction”. Jetta Hybrid LSR mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 30,3 km/jam. 

Bahkan di sesi pemecahan rekor kedua, Jetta Hybrid LSR sempat mencatat 301.184 km/jam di mil terakhir sebelum garis finish. Hal ini juga menjadikan Jetta Hybrid LSR Jetta Hybrid LSR menjadi mobil hybrid terkencang di Bonneville.
Jetta Hybrid sendiri memiliki kombinasi mesin bensin 1.4 liter TSI dengan motor elektrik yang menghasilkan daya 170 dk dan torsi 249 Nm. Sedangkan Jetta Hybrid LSR merupakan rancangan tim R&D VW dari Wolfsburg dengan kalibrasi drivetrain digarap bersama Volkswagen Test Centre California. Alhasil tenaga sebesar 300 dk tersalur ke sedan ini.

Tak cukup rombakan mesin, dengan regulasi SCTA yang ketat tampilan Jetta Hybrid LSR juga berbeda dari versi standar. Ini berkat suspensi yang lebih rendah, ban dan pelek spesial padang garam dan kabin yang dilengkapi roll cage, racing seat, harness dan sistem pemadam api.

"Ini adalah proyek yang menarik bagi tim engineering kami di Wolfsburg. Dimana harus mengintegrasikan elemen hybrid yang kompleks, untuk menghasilkan peningkatan tenaga tambahan yang banyak agar catatan waktunya semakin cepat,” ungkap Executive Vice President VW Test Centre California, Marc Trahan.(mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar