Minggu, 26 Agustus 2012

Honda Civic ESi 1994, Penyegaran Anti Pasaran


Sangkot Lubis boleh dibilang beruntung mendapatkan mobil impiannya, yakni Honda Civic Genio. Semakin spesial, bukan versi lokal yang diperoleh pria subur ini, melainkan versi built-up yang banyak beredar di Singapura. "Kalau disana sebutannya sudah Civic Ferio," jelas pemukim Jalan Kulim Tampan, Pekanbaru ini.

Mobil berkode bodi EG9 lansiran 1994 ini diakuinya punya beberapa perbedaan dibanding rakitan lokal. Salah satunya ada di panel interior dan spek mesin. Kondisinya yang masih lumayan baik tidak dibiarkan oleh pengusaha perkebunan ini. Niatannya adalah ingin penyegaran tampilan agar tidak pasaran sekaligus mempertahankan karakter asli Civic.

Untuk wilayah bodi, anggota Honda Civic Lovers Riau ini mempertahankan parts bawaan seperti spion, bumper depan dan belakang yang aslinya sudah diimbuhi lips serta side skirt. Hanya rear wing kepunyaan EG9 yang semula belum ada disematkan. Finalnya, warna bodi asli maroon dilabur kelir lemon yellow dari Spice Hecker agar semangat JDM terwakili.

Pernik-pernik yang mendukung tema juga ikutan disematkan seperti antena, fog lamp amber, sein fender dan rear wiper blade yang semuanya asli bawaan EG9.

Agar selaras dengan tampilan luar, kaki-kaki ikut dibenahi. Roda standar berganti pasangan pelek Spoon lingkar 15 inci yang dibalut ban Achilles 123 ukuran 185/50-R15. Kinerja suspensi didukung kombinasi per OEM dan custom yang dibantu sokbreker Tokico Adjustable di keempat titik rodanya.

Untuk menjaga stabilitas, strutbar set Ultra Racing dan traction bar custom dipercaya memperkokoh kaki-kaki. Di kabin, perbedaan yang paling mencolok ada di panel dasbor yang berwarna abu-abu dan panel indikator di spidometer. Namun, oleh Sangkot sepasang jok depan asli diganti jok semi bucket Recaro SR3 yang dibungkus ulang bahan suede.

Material serupa juga membalut ulang trim interior dan jok belakang berpadu bahan Bride dengan jahitan mode stich red. Aksen racing didapat berkat penyematan safety belt Takata, setir Spoon dan shift knob Spoon Duracon Black. (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar