Yamaha Mio tim Surya 12 Evalube
NHK ini juara 1 dan 3 kelas Matic 200 cc. Tepatnya di Kejurnas Surya 12
Dragbike Championship 2012, di Gresik, Jawa Timur (6/6) lalu.
Digeber Ardiansyah alias Ucil podium 1 dan Richo Bochel ke-3. Korekan mesinnya diracik oleh Kentar Dima. Kentar mekanik tim Anker dari Bandung.
Buat bertarung di kelas 200 cc, ubahan dilakukan di ruang bakar. Piston standar diganti pakai diameter 64 mm dari Hi-Speed. Tak hanya bermain bore up, stroke up juga dilakukan demi kejar kapasitas 200 cc dan menaikan torsi di di putaran bawah.
Untuk itu, dari stroke standar yang 57,9 mm distroke up hingga sentuh angka 62 mm. Lewat konfigurasi ini, totalnya isi silinder jadi 199 cc.
Tapi, tidak cukup sampai disitu. Besarnya penggebuk ruang bakar ikut diimbangi pemakaian klep in 33 mm dan klep ex 28 mm. Tentunya lubang isap dan buang juga dikorek. Menyesuaikan dengan diameter payung klep yang sudah lebar.
Klep andalkan merek SPS. “Keunggulannya klep ini lebih kuat dan lebih ringan,” ujar Bacol, manajer tim Surya 12 Evalube NHK. Dengan begitu power mesin lebih maksimal di putaran bawah dan atas.
Digeber Ardiansyah alias Ucil podium 1 dan Richo Bochel ke-3. Korekan mesinnya diracik oleh Kentar Dima. Kentar mekanik tim Anker dari Bandung.
Buat bertarung di kelas 200 cc, ubahan dilakukan di ruang bakar. Piston standar diganti pakai diameter 64 mm dari Hi-Speed. Tak hanya bermain bore up, stroke up juga dilakukan demi kejar kapasitas 200 cc dan menaikan torsi di di putaran bawah.
Untuk itu, dari stroke standar yang 57,9 mm distroke up hingga sentuh angka 62 mm. Lewat konfigurasi ini, totalnya isi silinder jadi 199 cc.
Tapi, tidak cukup sampai disitu. Besarnya penggebuk ruang bakar ikut diimbangi pemakaian klep in 33 mm dan klep ex 28 mm. Tentunya lubang isap dan buang juga dikorek. Menyesuaikan dengan diameter payung klep yang sudah lebar.
Klep andalkan merek SPS. “Keunggulannya klep ini lebih kuat dan lebih ringan,” ujar Bacol, manajer tim Surya 12 Evalube NHK. Dengan begitu power mesin lebih maksimal di putaran bawah dan atas.
Demi menunjang kinerja piston dan klep yang sudah besar, sektor lain yang dimodifikasi. Yaitu noken as alias kem. “Noken as pakai Kawahara tapi diubah lagi,” tambah Kentar.
Penyesuaian yang dilakukan di kem, dengan cara dilas dulu. Setelah itu, bumbungan diggerus ulang hingga durasinya sampai 285 derajat.
Sistem pengabut bahan bakar juga perlu penyesuaian. Trik yang dilakukan Kentar Dima sang mekanik dengan pakai karburator PE 28. “Saya lakukan penyesuaian lagi karbunya, menggunakan yang sudah direamer sampai 31 mm,”ujarnya. Ini sih tinggal beli suda ada yang jual.
DATA MODIFIKASI
CDI: Rextor Pro Drag
Ban depan: IRC Eat My Dust 2,00x17
Ban belakang: IRC Eat My Dust 2,00x17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar