Minggu, 24 Juni 2012

Hah! Ada Sepeda Motor Toyota


INILAH.COM, Las Vegas-Siapa bilang Toyota hanya membuat mobil saja? Toyota ternyata membuat sepeda motor juga.

Sepeda motor Toyota muncul pada pameran modifikasi akbar Specialty Equipment Market Association (SEMA) pekan lalu di Las Vegas.

Joe Gibbs Racing Motorsport bersama Toyota memamerkan sepeda motor konsep Joe Gibbs Racing Motocross/Toyota (JGRMX/Toyota). Sepeda motor ini dibuat untuk memperluas kehadiran Toyota ajang motor sport.

Joe Gibbs Racing adalah satu dari tim yang didukung Toyota dalam balapan NASCAR. Dua pembalapnya, Kyle Busch dan Joey Logano bolak-balik naik podium bersama Toyota Camry NASCAR mereka.

Kedua belah pihak bekerjasama untuk mewujudkan sepeda motor spesial.
Mereka ingin menciptakan sepeda motor yang ringan, eksotis tapi tetap stylish. Butuh waktu lebih dari 100 jam kerja dan melibatkan 17 kontributor untuk menciptakan motor yang benar-benar unik. JGRMX/Toyota Concept Bike memperlihatkan sejauh mana modifikasi bisa dilakukan.

Basis yang dipakai adalah 2009 Yamaha YZ450F. Kerangkanya menggunakan kerangka khusus yang ringan lalu dipasangi panel body dari serat karbon dan custom fuel tank. Logam-logam eksotis seperti titanium dipakai untuk membuat sepeda motor ini lebih ringan.

Partisipasi kontributor terekam jejaknya di sekujut tubuh motor trail ini. Cycra Racing memasok fender depan dan belakang. Lightspeed Peformance Product bertanggungjawab atas carbon fiber chain guide, rear brake caliper dan pelindung garpu depan, sedangkan N-Style mengurus seat cover dan grafis bagian luar.

Mesin YZ450 tidak ketinggalan dimodifikasi. Posisi katup masuk dan keluar dibalik agar diperoleh titik keseimbangan lebih baik. Proses ini dikerjakan oleh Xceldyne. Piston juga mengalami ubahan dari Carillo. Pasokan bahan bakar dan udara kini dibuat lebih baik dengan fuel injection dan air induction. Proses air induction dilakukan dengan bantuan dengan kipas. Radiator konvensional dipensiunkan, diganti aluminium extrusion cooling system.

Swing arm dibuat khusus dengan logo Toyota. Sedangkan FMF Racing menciptakan sistem exhaust spesial yang dilengkapi muffler dari serat karbon yang ringan. Rem di percayakan pada Brown & Miller Racing Solutions.

On board data system jadi sentuhan akhir. Sistem ini menyajikan data real time seperti suspension travel, suhu mesin, dan kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar