Rabu, 27 Juni 2012

Kawasaki Ninja 250R, Cetak Rekor Tercepat di Sentul!


Kawasaki Ninja 250R geberan Nico Julian Chandra mampu menyapu pool position. Sekaligus memecahkan rekor fastest lap di Sirkuit Sentul pada ajang Asia Road Race Championship dua Minggu lalu. Tepatnya di ajang OMR Ninja 250.

Nico yang jawara OMR Ninja beberapa tahun lalu dan kini ngegas supersport itu mampu mencetak waktu 1:49,39 menit. “Tapi, di tim sekarang baru kali ini bermain di OMR Ninja. Makanya untuk menggarap engine harus kolaborasi dengan tim Ilegal Blaze B Pro,” ujar Bibin Barlianto, kepala mekanik Aerospeed yang membentuk tim SBS Tiara Sultan Top 1 Racing Team.

Untuk mendongkrak power motor standar, menggunakan seher aftermarket berlabel JE Custom. Sesuai regulasi, kapasitas mesin standar Ninja 250 cc tetap mengaplikasi piston diameter ukuran 62 mm. Tapi, kelebihannya piston bikinan Amerika ini sudah model ceramic coating dan punya dome lebih tinggi.

Mengandalkan bahan bakar khusus balap VP Racing Fuel  U4.4, rasio kompresi dipatok bermain di angka  12,9 : 1. Menurut Bibin, lebih aman untuk dipacu saat balap. Tidak mudah jebol untuk trek sentul yang panjang.

Untuk akurasi korekan, tidak asal main kikis lubang isap dan buang. “Guna mendapatkan aliran gas bakar optimal, korekan diukur flowbench biar akurat,” lanjut Bibin.


Kompresi aman 12,9 : 1 dan suspensi Bitubo model gas jadi kunci kesuksesan Nico

Selain itu, Bibin ingin menjaga kompresi tidak bocor. Karena kompresi salah satu penunjang power mesin tidak ngedrop. Caranya dengan mengganti sitting klep standar dengan versi racing. Supaya benar-benar tertanam rapat.

 Menemani ubahan di ruang bakar, pasokan bahan bakar dan udara ikut dibenahi. Tetap mengandalkan karburator standar, cuma aplikasi jeting kit bolt on. Untuk main-jet dipatok 110 sedangkan pilot-jet 42.

 Nah, untuk areal pendingin mesin yang memang sangat dibutuhkan biar suhu mesin tetap ideal, mengaplikasi radiator after market berlabel B Pro. “Radiator juga dicustom ulang biar bekerja lebih maksimal,” lanjut mekanik ramah ini.

Selain sektor mesin, beberapa part pendukung juga ikut dibenahi, utamanya pada suspensi untuk mendukung handling. Sok depan didukung dengan Bitubo khusus Kawasaki Ninja 250R dan Bitubo model gas yang bisa diadjust reboundnya. Sehingga bisa sesuai yang diinginkan pembalap. “Saya juga tambahkan steering dumper untuk kemudi pada setangnya, juga dari Bitubo,” urainya.

Kini jadi mantap handlingnya. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Pirelli Super Corsa 120/60-17
Ban belakang: Pirelli Super Corsa 150/60-17
Knalpot: B Pro
CDI: BRT
Aerospeed: (021)7201190 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar